RBT Ponsel

Nasib RBT Masa Kini

Tahukah Anda tentang Ring Back Tone atau biasa disingkat dengan RBT? Bagi Anda yang telah menggunakan ponsel sejak lama dan memperhatikan era telekomunikasi modern tentu saja tentang RBT ini. Ya, layanan RBT merupakan layanan bagi siapapun yang ingin memanjakan penelepon dengan lagu pilihan ketika telepon belum diangkat atau dijawab. Siapapun bisa berlangganan RBT agar bisa menunjukkan lagu atau musisi kesukaan, agar terlihat keren, dan juga mendukung musisi yang idolakan. Fenomena RBT ini awalnya muncul di Korea pada tahun 2001. Di Indonesia sendiri baru tahun 2006-2007 RBT ini begitu diminati terutama lagu-lagu dari Samsons, Dmasiv, Wali, Ungu, dan sebagainya. Namun, bagaimanakah nasibnya sekarang?

RBT di Tri

Kejayaan dari RBT di Indonesia kian menurun dan bahkan hampir punah. Rolyalti yang didapatkan provider dan pihak pemilik musik kian menurun karena berbagai alasan. Yang paling kuat tentu saja adanya keputusan bersama di asosiasi penyedia telekomunikasi seluler Indonesia yang sepakat menghentikan RBT di tahun 2011 walau akhirnya RBT masih bisa digunakan hingga sekarang. Kedua, RBT mulai ditinggalkan masyarakat luas terutama agen sbobet lantaran sering terjadi kecurangan oleh pihak provider. Pencurian pulsa atau pemotongan pulsa secara tiba-tiba dengan jumlah yang juga tidak diketahui pasti sering dikeluhkan oleh banyak orang sehingga menyebabkan trauma menggunakan RBT. Ditinggalkannya RBT oleh banyak orang membuat kini nada sambung ini justru terlihat kurang kekinian dan orang yang menggunakannya dinilai tidak up to date. Dan juga, biaya pulsa untuk pemasangan RBT pun tidak murah sehingga banyak orang yang berpikir dua kali.

Selain itu, terdapat satu alasan lagi yang membuat nasib RBT kian malang di masa kini. Alasan yang dimaksud adalah tren telepon menggunakan aplikasi di ponsel pintar yang semakin digrandrungi masyarakat. Ya, saat ini penggunaan aplikasi percakapan yang menyediakan layanan telepon dan video call sudah menggantikan cara-cara lama untuk berkomunikasi. Sehingga, banyak orang yang kini sudah tidak terbiasa melakukan panggilan biasa menggunakan pulsa. Tentu saja pemasangan RBT akan menjadi percuma lantaran tidak akan terdengar jika ditelepon dari aplikasi percakapan.

Tags:

mobilerul

Send a Comment

Your email address will not be published.